Sekretaris BPKAD Muhammad Hamdan saat melaporkan progres pengeluaran dana prioritas (syahid humas)

SANGATTA - Keterbatasan anggaran membuat Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) memilah dana berdasarakan kebutuhan prioritas. Setiap pencairan dana harus dicermati dengan baik. Hal itu diungkap Wakil Bupati Kasmidi Bulang saat memimpin rapat koordinasi, di ruang meranti kantor bupati, Senin (21/5).

Hal prioritas seperti gaji PNS, Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) jangan sampai tertunda. Kasihan mengingat ini bulan Ramadan tentu ada tambahan kebutuhan yang harus dipenuhi. Termasuk anggaran dana desa untuk gaji Rukun Tetangga (RT) dan doja (pengurus masjid), tegasnya.
Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Irawansyah khususnya kepada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) agar setiap pencairan harus masuk kategori skala prioritas.

Saya ingatkan kepada BPKAD untuk memprioritaskan pembayaran gaji TK2D, guru, tenaga medis, honor petugas sampah, lalu anggaran dana desa. Semua kelengkapan administrasinya dipersiapkan.Jangan sampai administrasi kurang lengkap sehingga menghambat pembayaran, saran Irawansyah.

Dia juga meminta kepada seluruh OPD agar segera melaksanakan e-planning dan e-budgeting. Karena itu merupakan salah satu rekomendasi dari Badan Pemeriksan Keuangan (BPK).

Arahan BPK, paling lambat 2019 sudah sinkron semuanya, jangan sampai ada OPD yang belum terintegrasi dengan sistem tersebut, tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris BPKAD Muhammad Hamdan menjelaskan untuk gaji guru triwulan satu sudah dibayarkan. Sedangkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD baru diajukan, lalu tunjangan non Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menunggu kelengkapan administrasi dari Dinas Pendidikan, dan jika itu sudah selesai maka akan segera diproses secepatnya. Kemudian terkait gaji TK2D yang ada di OPD sudah terbayarkan.
Gaji TK2D untuk Mei, di awal Juni diusahakan dibayarkan. Sedangkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji 13 untuk PNS masih menunggu peraturan atau keputusan presiden, bebernya.(hms7)