Suasana pelatihan Bimtek SIPD 2018 di Ruang Rapat Bappeda

Penginputan SIPD 2018 oleh operator-operator OPD

Pendampingan penginputan SIPD 2018 oleh staf Bidang PPP Bappeda Kutim

Sesi pemberian tanggapan kegiatan Bimtek SIPD 2018 oleh OPD

Tanggapan dan masukkan dari perwakilan OPD, ibu Fien K. Bandhaso, Sh dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutim

Sambutan Kasi Data & Informasi Bappeda Provinsi Bapak Noviady Dwi Cahyono, ST, MSi

Sambutan Pejabat Kemendagr Bapaki M. Yudi Cahyadi Modoeng, S.Sos

Penanda tanganan Nota Kesepakatan perwakilan instansi Kepolosian

Penanda tanganan Nota Kesepakatan perwakilan OPD

Penanda tanganan Nota Kesepakatan perwakilan OPD

Perwakilan Penyerahan Sertifikat Bimtek SIPD 2018

Sesi foto bersama di lobi kantor Bappeda Kutai Timur setelah selesainya acara

Penutupan Bimtek Sipd 2018 oleh perwakilan Bappeda Kutim

Sesi foto bersama di lobi kantor Bappeda Kutai Timur

Sesi foto bersama di lobi kantor Bappeda Kutai Timur

Berdasarkan pasal 274 Undang-undang 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah, bahwa Perencanaan pembangunan daerah berdasarkan data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah dan pasal 144 Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 Tahun 2017 bahwa Perencanaan pembagunan daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dari system informasi pembangunan daerah maka diperlukan Sumber Daya Aparatur yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan data dan informasi pembangunan.

Berkenaan dengan hal itu maka dilaksanakan pelatihan / Bimbingan Teknis tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2018 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Kutai Timur.

Pada hari kedua disampaikan materi selama Bimbingan Teknis SIPD adalah sebagai berikut :

  1. Kebijaksanaan Pelaksanaan SIPD
  2. Teknik Pengisian SIPD
  3. Pengenalan E - Planning

Setelah memperhatikan arahan Kepala Bappeda, Plt. Kepala Bidang Pengkajian, Pengendalian dan Pelaporan Bappeda Kabupaten Kutai Timur serta paparan dari Narasumber dan hasil diskusi yang berkembang selama pelaksanaan Bimtek dimaksud maka dihasilkan beberapa kesepakatan hal -hal sebagai berikut :

  1. Perangkat Daerah yang membidangi urusan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) merupakan pengelola e- data base SIPD sebagai bagian dari proses Perencanaan Pembangunan di Daerah;
  2. Dalam mengelola SIPD sebagai yang di maksud pada poin (1) Bappeda hanya merupakan pada pengguna data berdasarkan data yang telah dan di input ke dalam aplikasi e- Data base SIPD oleh masing-masing dari perangkat Daerah selaku produsen Data;
  3. Dalam Pengelola SIPD sebagaimana di maksud pada poin (2) Bappeda berkoordinasi dengan perangkat daerah selaku produsen data yang bertanggung jawab terhadap pengumpulan, pengisian dan keakurasian data sektoral berdasarkan urusannya masing-masing;
  4. Dalam mengelola SIPD sebagaimana di maksud pada poin (2)Bappeda berkoordinasi dengan perangkat daerah yang membidangi urusan statistik selaku wali data terkait sinkronisasi data;
  5. Bappeda berkomitmen untuk mulai menggunakan dan memanfaatkan aplikasi e- data base SIPD dalam rangka mengelola data dan informasi untuk perencanaan pembangunan daerah;
  6. OPD segera mengakses menu untuk mengolah data per urusan yang dibagi berdasarkan kewenangan sesuai dengan UU 23 /2014 melalui (sipd.kemendagri.go.id);
  7. E- database tahun 2013 s/d 2017 yang diolah per urusan diinput selambat-lambatnya Tanggal 20 April s.d 15 Mei 2018;
  8. E- database tahun 2018 disampaikan selambat-lambatnya Minggu ke -4 (empat) Bulan Nopember 2018 namun masih data sementara;
  9. E- database Final tahun 2018 disampaikan selambat-lambatnya Minggu ke-4 (empat) Bulan Januari 2019;