Bupati Ismunandar saat membeli salah satu jajanan yang dijual di Festival Makanan Sangatta Utara, Sabtu 28 April 2018

(suarakutim.com) Beragam masakan dan kue, menyemarakan Sangatta Utara Food Festival yang digelar di Halaman Kantor Camat Sangatta Utara, Sabtu 28 April 2018. Kegiatan yang dibuka Bupati Ismunandar ini, langsung diminati warga masyarakat.
Festival yang menjual aneka ragam kuliner buatan masyarakat ini, juga diikuti Tim Penggerak (TP) PKK kabupaten, PKK Kecamatan Sangatta Utara, paguyuban dan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) se Kecamatan Sangatta Utara, mengundang selera siapa saja. Tadi nggak ada minat belanja, eh belanja juga karena mempesona dan mengairahkan selera, kata Adi warga Sangatta.

Festival makanan yang didukung PT KPC dan Pemkab Kutim ini, diakui Bupati Ismunandar mendorong masyarakat untuk lebih berkreasi dan mempertahankan makanan tradisional khas daerah yang tak kalah dengan makanan modern saat ini. Ismu yang sempat membeli sejumlah jajanan, menaruh harapan dari festival makanan ini semakin meningkatkan perekonomian masyarakat terlebih dalam waktu tidak lama bulan puasa. Namun, ia mengingatkan masakan yang disajikan tidak terkontaminasi bahan kimia yang dapat membahayakan pembeli. Yang tradisional itu lebih enak, seperti pandan untuk penghijau atau daun pudak, ungkapnya.

Melihat animo masyarakat, ia menyarankan dilakukan evaluasi dan perencanaan untuk kelanjutannya. Festival makanan ini embrio untuk pelaksanaan selanjutnya. Kalau perlu sebulan sekali digelar, nantinya jika memungkin digelar seminggu sekali dengan lokasi lebih luas seperti Stadion Kudungga yang bisa dijadikan multi fungsi, pesannya.

Festival makanan yang menampilkan beragam masakan nusantara ini, diakui Camat Sangatta Utara M Basuni untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melihat peluang usaha, terlebih Sangatta Utara terus berkembang. Saat ini, masyarakat bisa berusaha di rumah karena sudah ada jasa transportasi yang membantu dalam pengantaran, terangnya.(SK11)